Sabtu, 19 November 2011

Contoh Kasus E bisnis



Bhineka.com adalah bisnis online store yang bergerak di bidang penjualan perangkat-perangkat IT atau teknologi. Penjualan ini didukung oleh berbagai macam outlet dari bhineka.com yang tersebar luas di beberapa tempat di Jakarta sehingga dapat menjangkau tempat-tampat yang jauh dan memudahkan pengiriman, tidak hanya berfungsi untuk memberikan informasi akan tetapi juga berfungsi sebagai tempat bertransaksi, ini memberikan kemudahan kepada calon pelanggan karena mereka tidak harus langsung datang ke toko tapi bisa membeli dengan transaksi secara online, salah satu hal yang sangat diunggulkan dan disebut sebagai hal yang sangat penting di Bhineka.com adalah fasilitas yang menyadiakan harga-harga barng-barang elektronik dalam segala macam jenis dan tipenya. Hal ini membuat para calon pembeli dapat membandingkan dengan tepat lainnya sehingga bisa menentukan pilihan yang tepat. Banyak para pengguna internet yang menggunakan website ini sebagai tempaat untuk mendapatkan referensi dari harga-harga barang elektronik. Menurut pendapat saya omline store adalah suatu bisnis yang sangat menguntungkan dan sangat dibutuhkan di Indonesia pada saat ini terutama Jakarta yang hampir setiap harinya di penuhi oleh kemacetan dan hiruk pikuk orang yang melakukan aktifitas harian mereka., online strore ini secara tidak langsung memberikan solusi dan kemudahan bagi para calon pelanggan untuk memilih cara yang lebih efisien dan nyaman untuk membeli keperluan mereka.

Pada saat ini Bhineka.com sudah jauh berkembang dengan jumlah transksi online perharinya mencapai 400 transaksi, jumlah ini hanya sekitar 2% total kunjungan online perharinya. Sedikitnya dangkan jumlah pembelanja online ini karena masih banyak orang Indonesia yang masih lebih percaya transaksi offline, demikian yang disampaikan Hendrik Tio, CEO Bhineka.com seperti yang dilansir oleh swa online.

Bhineka.com ini mempunyai bisiness model yang mencakup baik dari B2B maupun B2C, walaupun banyak dari transaksi yang terjadi merupakan B2C.

Core capability mereka adalah dalam menjual segala macam sofware dan hardware kepada para pembeli potensial.


Partner Network Bhineka.com

Partner Network Bhineca.com meliputi:

  1. Microsoft : Certified, Gold, Partner
  2. Microsoft : Lisensing, solutions
  3. Microsoft : Network, Infratukture
  4. Microsoft : Small, Bisiness, Specialist
  5. IBM : Business, Partner
  6. HP : Premier, Business, and System Bilder
  7. Adobe : Authorized Reseller.

Mengenai Bhineka.com

Bhineka .com merupakan salah satu toko online terbesar di Indonesia yang menjual komputer dan aksesorisnya, tulisan ini penulis buat untuk melihat bagaimana kita bisa menirunya sesuai dengan kebutuhan produk yang ingin kita jual secara online.

Pertanyaan pertama yang paling sering diytanyakan aadlah mengapa harus berpromosi secara online, apa sih untungnya?? Pertama adalah, Anda sama seperti berpromosi 24 jam naonstop. Kedua, Anda layaknya Superhero yang dapat berbeda di tempat yang berbeda di waktunya yang sama, dan dengan ini efektifitas promosi Anda akan meningkat dengan tajam. Ketiga Anda tidak perlu menyewa tempat untuk pemjualn yang relatife mahal sekarang ini, karena anda bisa muli berpromosi online dengan 0 rupiah (menggunakan blog gratisan).

Cara Promosi Bhineka.com

Cara promosi bhineka.com di media website adalah dengan cara sebagai berikut::

  1. Tampilan Situs

Bila kita lihat sepintas Bhineka.com tidak terlihat seperti situs lainnya, di baekground yang dominan warna hijau terdapat semacam ornamen yang mengingatkan kita kepada batik yang sangat khas menggambarkan Indionesia. Terdapat menu navigasi yang lengkap dengan sub menu memudahkan pengunjung untuk mengetahui produk mana yang diinginkannya. Selain itu Bhineka.com juga menyediakan pilihan untuk ngebrowse produk yang mereka butuhkan. Namun ada satu yang menurut saya agak mengganggu yaitu gambar topeng di sebelah kiri atas, karena membuat header yang berwarna hijau ciamik menjadi terpotong.

Secara umum tampilan Bhineka.com tidak mengecewakan dan bahkan cenderung lebih mudah untuk mencari barang yang diinginkan dan tidak membuat bingung seperti yang sering tampak pada toko online.

  1. Fitur yang cukup lengkap

Kelengkapan fitur yang merupakan syarat mutlak bagi sebuah situs toko online untuk meningkatkan pelayanan yang menjadikan sebuah nilai tambahan dari situs sejenis. Bila kita lihat di Bhineka.com terdapat fitur-fitur yang cukup membantu pengunjung seperti:

  1. Fitur pencari, memudahkan pengunjung untuk menemukan produk yang dibutuhkan (fitur wajib).
  2. Fitur keranjang belanja, yang memperlihatkan produk apa saja yang kita beli di Bhineka.com (fitur wajib).
  3. Fitur chating, memudahkan untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan sebagai media untuk saling negoisasi (fitur tambahan yang sangat berguna).
  4. Fitur konversi mata uang, sangat berguna untuk menentukan harga produk dalam mata uang asing (fitur tambahan).

Namun satu fitur yang kuran dari Bhineka.com dari situs toko online lainnya yaitu, fitur simulasi yang memebuat calon pembeli menjadi lebih mudah mengetahui harga komputer rakitan yang ingin di beli.

  1. Bahasa campuran

Bila kita perhatikan deskripsi produk di bhineka.com masih menggunakan dual bahasa, padahal akan lebih baik bila Bhineka.com tersedia dalam dua versi bahasa.

Bahasa yang dicampur ini akan membuat pengunjung kkurang nyaman, dan membuat beberapa dari mereka kurang mengerti (asumsi tidak semua pengunjung dapat berbahasa inggris dengan baik) apabila sepesifikasi produ hanya tersedia dalam bahasa inggris.

  1. URL yang kurang ramah mesin pencari

Hal ini yang perlu kita perhatikan dari Bhineka.com, karena ternyata URL yang digunakan oleh Bhineka.com belum ”ramah” kepada mesin pencari seperti Google, Yahoo, dll. Karena URL yang digunakan tidak berdasarkan jenis produk atau kategori produk, sehingga bila kita mencari di Google dengan menggunakan nama-nama produk praktis URL dari Bhineka.com tidak akan terindex. Jadi bila pembaca pada suatu saat nanti ingin membuat situs toko online, maka funakan URL yang ”ramah” mesin pencari supaya calon pembeli cepat menemulan situs Anda.

Sumber :http://pujiee.wordpress.com/2010/01/13/e-commerce-electronic-commerce-pada-bhinneka-com/


0 komentar:

Posting Komentar | Feed

Posting Komentar



 

./This is it Copyright © 2010 by Bagus