Senin, 09 Mei 2011

CFD (Car Free Day) Memmbantu mengurang Polusi! !


Jakarta - Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau yang biasa dikenal dengan car free day membawa dampak yang baik. Hasilnya tingkat pencemaran udara di Jakarta menurun.

"Dari hasil evaluasi kualitas udara setelah adanya pelaksanaan car free day di tahun 2009 didapatkan bahwa kualitas udara di Jakarta meningkat," kata Kasubdit Pengendalian Pencemaran Sumber Kegiatan BPLHD Rina Suryani di lokasi car free day, Jl MH Thamrin, Jakarta Selatan, Minggu (26/9/2010).

Meningkatnya kualitas udara dapat dilihat dari beberapa indikator. Salah satunya, menurunnya parameter debu (PM-10), parameter carbon monoksida (CO), dan nitrogen monoksida (NO).

"Parameter pencemaran oleh debu turun 37 persen, carbon monoksida 67 persen, dan nitrogen monoksida 75 persen," sebutnya.

Ia juga menambahkan, hingga tahun 2010 ini, lima kotamadya di DKI Jakarta sudah melaksanakan car free day, hanya saja intensitasnya tidak sama.

"Kalau di Thamrin kan kita sejak bulan Juli 2010 sudah melakukan (car free day 2 kali sebulan. Kalau di yang lain itu belum sebanyak itu. Tapi sejak 2009 daerah lain sudah melakukan 2 kali setahun," imbuhnya.

Lima wilayah tersebut antara lain, di Jl Pemuda ( Jakarta Timur), Kawasan Kota Tua (Jakarta Barat), Jl Mayjen Sutoyo (Jakarta Pusat), dan Artha Gading Boulevard (Jakarta Utara).

Car Free Day Dimeriahkan Lomba

Sementara itu, peringatan car free day Internasional yang diselenggarakan di Jl Sudirman-Thamrin hari ini dimeriahkan dengan pelaksaan berbagai lomba. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan, mulai dari lomba futsal hingga lomba fotografi.

"Kita mengadakan beberapa lomba, mulai dari lomba futsal dan fotografi. Ada juga penandatanganan dukungan car free day, bengkel sepeda, fun walk, dan kumpul komunitas bersepeda," jelas Rina.

Rina menyebutkan, ada lebih dari 180 foto yang dipamerkan berjajar di sepanjang lokasi car free day. Para pengunjung berhak memberikan suara pada foto yang dianggap terbaik.

"Tadi kita dapat pemenang foto yang temanya bule yang menggoes becak. Ini juga usaha kita untuk meningkatkan kesadaran masyarakat," kata Rina.

Selain itu, dalam peringatan car free day internasional ini juga diadakan pengumpulan tanda tangan dukungan terhadap kegiatan ini. Pengumpulan tanda tangan dibubuhkan dalam spanduk besar.

0 komentar:

Posting Komentar | Feed

Posting Komentar



 

./This is it Copyright © 2010 by Bagus