Selasa, 28 Desember 2010

KOMUNIKASI DATA

KOMUNIKASI DATA
Dalam melakukan suatu interaksi antara computer satu dengan yang lain yang lain pada pada waktu dulu hal tersebut masih belum bisa dilakukan. Berkat kemajuan teknoligi dibidang elektronik computer mulai berkembang pesat tidak hanya di monopolo oleh perusahaan – perusahaan, universitas serta suatu lembaga. Computer sekarang sudah sangat mudah kita miliki pribadi sepertihalnya memiliki suatu radio. Dalam perkembnagan tersebut kita sering mendengar suatu istilah yaitu komunikasi data. Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain)yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik dalam jangkauan lokal maupun yang luas, seperti internet. Didalam suatu komunikasi data terdapat Komponen-kompone data yaitu:
Pengirim, adalah piranti yang mengirimkan data, berupa komputer, alat lainnya sepertihandphone, video kamera, dan lainnya yang sejenis.
Penerima, adalah piranti yang menerima data, juga bisa berupa komputer, alat lainnya seperti handphone, video kamera, dan lainnya yang sejenis.
Pesan / Data, adalah informasi yang akan dipindahkan bisa berupa apa saja, teks, angka,
gambar, suara, video, atau kombinasi dari semuanya.
Media pengiriman, adalah media atau saluran yang digunakan untuk mengirimkan data, bisa berupa kabel, cahaya maupun gelombang magnetik. Media pengiriman terbagi atas dua bagian yaitu:
1 Media yang terpandu
• Kabel Twisted Pair: Kabel berpasangan, ada yang pasangan tunggal dan banyak pasangan.
• Kabel Coaxial: Kabel yang terdiri dari 2 konduktor: 1 konduktoor didalam, 1 konduktor
diluar melingkupi yang di dalam. Kedua dipisahkan oleh isolator, dan terbungkus karet
pembungkus.
• Optical fiber: Kabel yang terbuat dari kaca yang menyalurkan cahaya sebagai pembawa
sinyal.
2 Media yang tidak terpandu
• Wireless: Media pengiriman data menggunakan medium udara sebagai media penyaluran
sinyal elektromagnetik.
Protokol, adalah sebuah aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalam sebuah jaringan komputer, misalnya mengirim pesan, data, informasi dan fungsi lain yang harus dipenuhi oleh sisi pengirim dan sisi penerima agarkomunikasi dapat berlangsung dengan benar, walaupun sistem yang ada dalam jaringan tersebut berbeda sama sekali. Protokol ini mengurusi perbedaan formatdata pada kedua sistem hingga pada masalah koneksi listrik. Standar protokol yang terkenal yaitu OSI (Open System Interconnecting) yang ditentukan oleh ISO (International Standart Organization).
Secara umum ada dua jenis komunikasi data, yaitu:
Melalui Infrastruktur Terestrial
Menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya. Membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastruktur jenis ini. Beberapa layanan yang termasuk teresterial antara lain: Sambungan Data Langsung (SDL), Frame Relay, VPN MultiService dan Sambungan Komunikasi Data Paket (SKDP).
Melalui Satelit
Menggunakan satelit sebagai aksesnya. Biasanya wilayah yang dicakup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan dibangunnya infrastruktur terestrial namun membutuhkan waktu yang lama untuk berlangsungnya proses komunikasi. Kelemahan lain dari komunikasi via satelit adalah adanya gangguan yang disebabkan oleh radiasi gelombang matahari (Sun Outage) dan yang paling parah terjadi setiap 11 tahun sekali.
Bentuk Sistem Komunikasi Data
Suatu sistem komunikasi data terdapat dua bentuk yaitu dalam bentuk offline communication system atauonline communication system. Sistem komunikasi data dapat dimulai dengan sistemyang sederhana, seperti misalnya jaringan akses terminal, yaitu jaringan yangmemungkinkan seorang operator mendapatkan akses ke fasilitas yang tersediadalam jaringan tersebut.
Offline communication system
Offline communication system adalah suatu sistem pengiriman data melalui fasilitastelekomunikasi dari satu lokasi ke pusat pengolahan data, tetapi data yang dikirimtidak langsung diproses oleh CPU (Central Processing Unit). di mana data yang akan diproses dibaca oleh terminal, kemudia denganmenggunakan modem, data tersebut dikirim melalui telekomunikasi. Di tempattujuan data diterima juga oleh modem, kemudian oleh terminal, data disimpan kealamat perekam seperti pada disket, magnetic tape, dan lain-lain. Dari alat perekamdata ini, nantinya dapat diproses oleh komputer.
Online communication system
Berbeda dengan sistem komunikasi offline, pada sistem ini data yang dikirim melaluiterminal dapat langsung diolah oleh pusat komputer, dalam hal ini CPU. Onlinecommunication system dapat berbentuk :
•Remote Job Entry (RJE) system
•Realtime system
•Timesharing system
•Distributed data processing system
Kesimpulan dan saran
Perkembangan komunikasi data pada saat ini berkembang sangat. Yang dapat dilihat dari dua bentuk yaitu komunikasi data Melalui Infrastruktur Terestrial dan komunikasi data Melalui Satelit dari kedua bentuk tersebut komunikasi data dapat terbagi menjadi Offline communication dan system Online communication system. Dengan hal tersebut komunikasi data dimasa akan datang dapat berkembang sangat pesat

0 komentar:

Posting Komentar | Feed

Posting Komentar



 

./This is it Copyright © 2010 by Bagus